Fungsi Menu Bar pada Microsoft Word 2016

1. Menu Bar File Microsoft Word

Yang pertama adalah menu File, menu ini jika di klik akan muncul layout baru, yang akan menampilkan beberapa menu utama yang berhubungan dengan file word yang kalian buka atau yang sedang kalian buat. berikut ini adalah fungsi dari menu yang terdapat pada bar file

Gambar 1. menu file ms.word
  1. Info : Menampilkan status file yang kalian buka, termasuk dengan property file tersebut. disini kalian bisa mengetahui sumber asal file word yang kalian buka.
  2. New : Akan menampilkan pilihan utama pembuatan file .doc baru dengan pilihan jenis dokumen apa yang akan kalian buat
  3. Open : berisi informasi Buka Dokumen termasuk didalamnya adalah histori file yang kalian buka dalam beberapa waktu terakhir.
  4. Save : Menu yang akan menampilkan lokasi penyimpanan file yang kalian buka sekarang.
  5. Save As : Menampilkan Lokasi Penyimpanan file Baru pada file yang kalian buka atau kerjakan.
  6. Print : Menampilkan preview dari dukumen yang kalian buka atau kalian kerjakan yang akan di print. atau dengan kata lain tampilan cetak dari dokumen tersebut. termasuk didalamnya adalah pengaturan pengaturan pendukung lainya, diantaranya adalah mengatur margin, ukuran kertas, printer yang terhubung dan lain sebagainya.
  7. Share : menampilkan pilihan untuk membagikan file kalian, dari menyimpan file tersebut di cloud sistem (online), emailkan, sampai dengan mengirimkan ke blog kalian.
  8. Export : menu yang akan menampilkan pilihan bagaimana file kalian export atau "jadikan" termasuk didalamnya merubah file word kalian menjadi extensi yang kalian inginkan. (Pdf, Doc. Docx,odt, rtf samapi dengan html) mungkin saya akan membuat artikel khusus nantinya, silahkan tunggu atau reques di komentar.
  9. Account : menampilkan akun Microsoft Office kalian, mungkin jika kalian ingin membuat dokumen yang bisa dikerjakan bersama, dan juga menikmati dukungan konten dari microsoft ada baiknya kalian sign in.
  10. Feedback : Menu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan review, kritik atau laporan bugs kepada pengembang microsoft word.
  11. Option : Adalah menu pengaturan microsoft word kalian.

2. Menu Bar Home Microsoft Word

Pada menu home ini menampilkan tools utama pada microsoft word, yang berisi tools penataan dan pengeditan teks, silahkan perhatikan gambar 2 dibawah ini. klik gambar untuk memperbesar.


Gambar 2. menu home ms.word

Keterangan Gambar:
  1. Clipborad : Tools yang bisa kalian gunakan untuk melihat papan board tempat gambar,teks, atau file yang kalian copy dari data microsoft word lain, bahkan mungkin dari sumber lain, browser misalkan.
  2. Font : Kustomisasi atau panel pengaturan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur teks yang kalian buat sesuai dengan keinginan kalian, dari jenis font, ukuran, warna, style dan lain-lain.
  3. Paragraph : panel yang berisi menu pengaturan paragraf teks dokumen kalian, termasuk didalamnya adalah garis, pewarnaan, penomoran, spasi enter, dan lain-lain.
  4. Styles : Sebuah panel yang berisi template gaya, dari teks dokumen yang bisa kalian pilih secara langsung, ini akan mengubah gaya tampilan teks dokumen kalian lebih cepat.
  5. Editing : Panel yang berisi tools yang bisa klain gunakan untuk mengedit file yang sudah dibuat pada lembar kerja, di dalamnya adalah Find yang bisa kalian gunakan untuk menemukan kata dalam dokumen kalian juga bisa langsung mengubahnya secara masal dengan Replace.
  6. 3. Menu bar Insert Microsoft Word 2016

    Menu insert sendiri seperti namanya, menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan masukan file atau objek lain kedalam lembar kerja Microsoft Word 2016 kalian, dan berikut ini adalah submenu yang terdapat pada menu bar Insert Ms. Word 2016

    Gambar 3. menu bar insert ms. word
    1. Pages : Menampilkan panel yang berisi pilihan insert atau masukan, didalamnya termasuk halaman cover, halaman blank (kosong) dan Page Break (Pemisah Format yang masih dalam satu halaman).
    2. Tables : Bisa kalian gunakan untuk memasukan objek Tabel kedalam lembar kerja, pada Microsoft Word 2010 keatas sampai 2016, Insert Tables ini tinggal menandai berapa kolom dan row yang akan ditampilkan dengan sangat mudah.
    3. Ilustration : Menampilkan pilihan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memasukan, objek berupa ilustrasi, termasuk didalamnya adalah Gambar, Shapes (bentuk) Smart Art, Chart atau grafik, sampai dengan Screenshoot dari layar monitor komputer kalian,
    4. Add-ins : Menampilkan panel yang berisikan submenu masukan tambahan yang bisa didapat dengan mengunduh tambahan tersebut pada Store atau di My Add-ins. Perhatikan gambar 3 diatas.
    5. Media : Dalam panel submenu ini hanya terdapat satu saja masukan, yakni Online Video, dimana kalian dapat memasukan video kalian yang sudah kalian upload sebelumnya, mungkin juga video orang lain, baik itu dari Youtube, Bing atau media lain yang memiliki fitur embade
    6. Link : Dapat kalian gunakan untuk memasukan url link kedalam lembar kerja.
    7. Comment : Dapat kalian gunakan untuk memasukan koentar kedalam lembar kerja, yang hanya tampil dan sebagai penanda atau pembantu proses pengerjaan kalian saja, atau juga menunjukan kesalahan tugas, misalkan kalian adalah pengajar, dan harus menunjukan kesalahan dari tugas anak didik kalian yang mungkin kebetulan tugas tersebut berupa file Word.
    8. Header & Footer : yang bisa kalain gunakan untuk mengatur Header (kepala dokumen) dan Footer (catatan kaki) dokumen, yang termasuk juga penomoran halaman.
    9. Word Art : Sebuah fitur yang sudah ada dari Microsoft Word versi paling lama, dan menjadi signature dari Ms. Word sendiri, memungkinkan kalian memasukan Text dengan gaya yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian.
    10. Text : Pada bagian terakhir panel submenu dari menu bar insert Microsoft Word adalah text,berbeda dengan yang ada pada Home, pada insert text ini lebih ke memasukan Text interaktif, dan bersifat auto mungkin. misalkan saja tanggal, jika kalain menggunakanya maka kalian tidak perlu memasukan manual tanggal untuk hari ini, karena akan secara otomatis ter generate.

    4. Menu bar Design Microsoft Word 2016

    Pada menubar ini akan menampilkan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mendesign lembar kerja kalian menjadi lebih indah serta terstruktur dengan lebih mudah.
    Gambar 4. menu bar design ms. word

    1. Themes : Tema, yang bisa kalian pilih untuk dokumen yang akan kalian buat, pada pilihan themes ini akan mengubah total keseluruhan dokumaen menjadi tema tertentu pada themes yang dipilih. termasuk font Heading dan paragrafnya.
    2. Document Formating : pada panel ini memberikan kalian pilihan untuk memilih style formating atau format teks dokumen kalian berasarkan themes yang dipilih sebelumnya.
    3. Page Backgroud : dapat kalian gunakan untuk mengatur background lembar kerja Ms.Word kalian, termasuk didalamnya adalah watermark.
    4. 5. Menu bar Layout Microsoft Word 2016
    5. Selanjutnya adalah menu bar Layout pada Microsoft Word 2016, disini akan ditampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur Tata Letak teks, atau konten pada lembar kerja Ms Word Kalian.

      Menu bar Layout Microsoft Word 2016
      Gambar 5. menu bar layout ms. word
      1. Page Setup : pada panel ini kalian dapat mengubah pengaturan halaman lembar kerja Ms. word 2016, termasuk didaamnya adalah Margin, Orientasi (apakah Lanscape atau potrait), Kolom, ukuran kertas, sampai Line break.
      2. Paragraph : pada panel ini menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur paragraf dokumen kalian, yah seperti pada artikel pertama pada poin menu bar Home
      3. Arrange : dan yang ketiga adalah arrange atau penataan, pada panel submenu ini akan ditampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur penataan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word kalian agar lebih rapih, diantaranya adalah penatan gambar, teks box, memutar objek dan lain-lain.

      6. Menu bar References Microsoft Word 2016

      Menu bar References akan menampilakan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mencari referensi untuk dokumen yang kalian buat dengan sangat mudah, hanya saja memerlukan koneksi internet jika ingin menggunakan menu ini secara maksimal.

      Menu bar References Microsoft Word 2016
      Gambar 6. menu bar references ms. word 2016

      1. Table of Contents : Untuk memasukan daftar isi dari dokumen yang kalian buat, dengan syarat struktur dari dokumen tersebut rapih (penomoranya secara otomatis) ini sangat berguna untuk pembuatan makalah atau tugas sejenis lainya.
      2. Footnotes : Memberikan catatan kaki pada dokumen yang kalian kerjakan, dengan sangat mudah.
      3. Smart Lookup : Sebuah tools pencarian pintar, dengan hanya menandai teks dengan mouse kalian, Smart Lookup akan mencari referensi dengan sendirinya di internet, sehingga bisa memudahkan kalian untuk memahami arti atau kiasan yang kalian tulis tapi mungkin kurang begitu paham maksudnya, perlu dicatat ini memerlukan koneksi internet.
      4. Citations & Bibliography : menampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk memasukan kutipan, dan Bibliografi (atau sumber penulisan) yang juga bisa kalian pilih jenisnya seperti penulisan bibliografi ala APA, Chicago, Harvard dll. 
      5. Captions : bisa menampilkan cuplikan teks atau data yang kalian masukan sebelumnya pada lembar kerja kalian, dengan lebih mudah karena bisa langsung beberapa klik saja.
      6. Index : dimana kalian dapat menentukan dan mengklasifikasikan kembali teks, paragraf atau judul tersebut dengan lebih mudah, termasuk penggunaan caption diatas, juga memerlukan index
      7. Table of Authorities : adalah dimana kalian dapat memasukan, dan menambah kutipan-kutipan tertentu yang bisa kalian kelola dan masukan dengan cepat untuk selanjutnya.
      8. 7. Menu bar Mailings Microsoft Word 2016

        Menu mailings pada Microsoft Word 2016 aan menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur dokumen mailing, atau yang berubungan dengan surat atau yang membutuhkan variable tertentu yang berbeda-beda dalam 1 lembar kerja yang sama.

        Menu bar Mailings Microsoft Word 2016
        Gambar 7. menu bar mailings ms. word 2016

        1. Create : dalam menu ini kalian diberikan dua pilihan, yakni Envelopes dan Labels. Dimana Envelope bisa kalian gunakan untuk membuat amplop surat kalian dengan lebih mudah dan cepat termasuk didalamnya adalah penerapan margin, lembar kerja dan lain sebagainya. Sedang Labels, kalian bisa membuat label tertentu pada surat kalian.
        2. Start Mail Merge : Dengan mengunakan Mail Merge kalian dapat membuat satu dokumen, terserah itu amplop atau surat dengan hanya satu dokumen saja, word akan otomatis membuat salinanya dengan bagan yang secara otomatis beruba setiap salinanya. kalian bisa memasukan data nama, alamat, atau variable lainya yang akan ditempatkan disetiap salinan dokumen tersebut.
        3. Write & Insert Fields : Kalian akan diberikan pilihan submenu untuk menambahkan bidang tertentu pada dokumen yang sudah kalian buat, misalkan diantaranya adalah Ucapan salam awal, gabungan label, menyorot bidang dokumen tertentu dan lain sebagainya.
        4. Preview Results : bisa kalain gunakan untuk menunjukan hasil akhir dari dokumen yang sudah dibuat, termasuk auto nama penerima, alamat, dan varible lainya.
        5. Pada kotak nomor 5 ini sama halnya dengan nomor 4, tapi merupakan fungsi navigasinya, artinya jika kalian mengaktifkan Preview Result, maka bagan nomor 5 ini jua akan aktif, dan bisa kalian gunakan sebagai navigasi pencarian penerima, atau mencari ejaan yang salah.
        6. Finish : Disini kalian akan diberikan opsi penyelesaian tugas, dimana jika kalian rasa dokumen yang dibuat pada Preview Result sudah sesuai dengan keinginan, maka untuk menyelesaikan dokumen yang dibuat perlu menggunakan submenu ini.

        8. Menu bar Review Microsoft Word 2016

        Pada menu bar Review, kalian akan diberikan submenu pilihan yang bida kalain gunakan untuk mereview atau meninjau ulang dokumen kalian, menu yang sangat berguna untuk mencari, dan mengedit kesalahan pada dokumen yang sudah selesai dibuat.

        Menu bar Review Microsoft Word 2016
        Gambar 8. menu bar review ms. word 2016
        1. Proofing : Dapat kalain gunakan untuk pemeriksaaan ejaan dokumen yang kalain buat, dengan sangat mudah, termasuk didalamnya pemeriksaan grammar pengucapan, juga penghitung kata pada dokumen kalian.
        2. Accsessbility : Ini bisa dugukanan untukmengecek aksesbilitas untuk orang dengan keterbatasan khusus. 
        3. Language : Bisa kalian gunakan untuk menentukan bahasa apa pada dokumen kalian, selain itu juga bisa langsung melakukan translate pada dokumen. Catatan. fitur ini hanya bisa dijalankan jika terhubung dengan internet
        4. Comment : Menampilkan pilihan untuk memberikan komenatar atau membaca komentar dari dokumen yang mungkin sebelumnya sudah dibuat. menu ini juga ada pada menu bar insert, namun pada review lebih lengkap.
        5. Tracking : Berfungsi dan bisa kalian gunakan untuk mentelusuri dokumen kalian, baik mencari kata, atau mungkin perubahan yang sudah dibuat sebelumnya. jadi kalian bisa tahu mana dokumen yang telah dirubah atau berubah dengan sub menu ini.
        6. Channges : Masih keterkaitan dengan submenu tracking, dimana kalian bisa memberikan review apakah perubahan tersebut (pada tracking) bisa diterima, atau tidak.
        7. Compare : dengan submenu ini kalian bisa membandingkan dua dokumen yang serupa namun mungkin tidak sama, dengan lebih mudah.
        8. Protect : Sebuah submenu yang bisa kalian gunakan untuk melindungi dokumen kalian, kalian bisa mengatur berapa orang, atau orang mana yang dapat mengubah dokumen tersebut. misalkan saja untuk tidak diperbolehkan mengubah format dokumen dan lain sebagainya.
        9. Link to Notes : Submenu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan link yang bisa langsung mengakses catatan kalian pada Microsoft notes

        9. Menu bar View Microsoft Word 2016

        Kesembilan adalah menu yang akan menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja kalian, agar bisa mempermudah pembuatan dokumen yang sesuai dengan keinginan kalian.

        Menu bar View Microsoft Word 2016
        Gambar 9. menu bar view ms. word 2016

        1. Views : Bisa kalain gunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja kalian dengan mode tertentu, diantaranya adalah kalian bisa mengubah pada mode print layout (default saat ini), Web layout, tampilaan yang akan tmpil di website jika kalian mempublishnya dalam bentuk html, mode baca, sampai dengan draft dan outline.
        2. Page Movement : Dapat kalian gunakan untuk merubah pengaturan perpindahan antara halamn satu dengan halaman lain pada lembar kerja kalian apakah vertikal (atas kebawah dan sebaliknya) atau Horizontal (kesamping kanan dan kiri).
        3. Show : pada submenu ini kalian bisa menampilkan atau menghilangkan dengan cara memberikan atau mengha[us centang, alat bantu lembar kerja, diantaranya adalah rule, gridline dan navigatione pane.
        4. Zoom : Dapat kalian gunakan untuk melakukan Zooming atau memperbsar dan memperkecil tampilan lembar kerja sesuai dengan kenyamanan kalian.
        5. Window : pada submenu ini kalian dapat mengatur tampilan jendela, dokumen yang sedang kalian buka, misalkan kalian membuka dokumen 1 dan 2, mau bagaiman kalian menampilkan dokumen tersebut dalam jendela yang membuat kalian lebih nyaman? apakah dengan memberikan jendela standalon (sendirisendiri) atau menggabungkanya dengan split dan sebagainya.
        6. Macros : adalah submenu advance (lanjutan) yang biasanya digunkan oleh developer atau pengembang/ programmer dengan memberikan script khusus tambahan untuk mendukung tampilan lembar kerja yang dikerjakan.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

URBANISASI BERDASARKAN EKONOMI